Minggu, 03 Januari 2016

tugas seorang guru



Nama               : Marwati
Nim                 : 2227140902
Kelas               : 3 B (PGSD)
Mata kuliah      : P3D

Pertanyaan !
1.      Apa tugas anda selaku calon guru SD ?
2.      Apa kegiatan yang dilakukan ?
3.      Bentuk kegiatan apa ?
Jawaban !
1.            Tugas saya sebagai seorang guru adalah pelajaran didalam kelas harus pada proses bagaimana siswa belajar. Dan sebagai peran guru harus bisa menciptakan keadaan dikelas menjadi lebih nyaman dan siswa pun senang utuk berada didalam kelas.
Dan seorang guru harus mampu untuk melakukan proses mengajar, mendidik dan melatih :
·         Mengajar
Jadi guru arus bisa mengajar muridnya dengan baik, karena mengajar merupakan
Penyampaian ilmu pengetahuan atau mentransfer sejumlah ilmu pengetahuan kepada siswa. Untuk melaksanakan proses ini diperlukan strategi dan metode serta media pembelajaran yag sesuai.
·         Mendidik
Guru harus mampu mendidik muridnya karena itu tugas guru yang sangat rumit karena tugas ini berkaitan dengan sikap dan tingkah laku yang bai yang harus dimiliki seorang murid, karena sebagai seorang guru harus mampu mengubah perilaku atau sikap siswa kearah yang lebih baik.
Siswa sekolah dasar memiliki karakter atau sifat yang berbeda-beda dan itu tugas uru untuk mengubahnya untuk menjadi siswa yang lebih baik dan membentuk karakter yang lebih baik lagi. Dan yang arus dilakukan adalah guru harus memberikan contoh yang baik dan nyata guru perlu kepribadian yang baik dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
·          Melatih.
Tugas guru melatih siswa tidak sama dengan seorang pelatih lainnya. Tugas guru ini sejalan dan bersifat sinergis. Saat mengajar dan mendidik, maka saat itu pula dapat dilaksanakan tugas guru sebagai pelatih. Melatih dengan berbagai kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik.
Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih sebagai mana yang sebagaimana yang dijelaskan diatas bahwa mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Mengajar berarti meneruskan da mengembangkan ilmu pengetahuan da teknologi. Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa.


2.            Kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan utama yang dilakukan itu membutuhkan psikologi  karena pendidikan sebagai suatu kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak orang atau peserta didik, pendidik, masyarakat dan orang tua peserta didik. Oleh karena itu agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efesien, maka setiap orang yang terlibat dalam pendidikan tersebut yang dapat memahami tentang perilaku individu dan sekaligus dapat menunjukan perilakunya secara efektif.
      Dan sebagai seorang guru, guru harus melakukan kegiatan belajar mengajar karena dalam proses belajar mengajar, karena proses belajar mengajar merupakan inti permasalahan psikologis yang terletak pada anak didik, bukan berarti mengabaikan seorang pendidik, namun dalam hal sesorang telah menjadi seorang pendidik maka ia telah melalui proses pendidikan dan kematangan psikologis sebagai suatu kebutuhan dalam mengajar.
      Dalam kegiatan proses belajar mengajar bahwa peran seorang guru sangat penting dalam proses belajar mengajar meliputi banyak hal seperti sebagai pengajar, manajer kelas, motivator, dan sebagainya.dan kegiatan sebagai seorang guru dapat berperan sebagai:
1.      Guru harus bisa mengambil inisiatif, pengarahan dan penilaian kegiatan.
2.      Guru haru ahli dalam bisang mata pelajaran dengan matang.
3.      Dan guru juga harus melakukan kegiatan dalam bidang penegak disiplin.


3.         Bentuk kegiatan yang dilakukan seorang guru adalakegiatan yang dapat meningkatkan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) yang ingin dicapai bentuk kegiatan seperti peserta didik ditugaskan untuk mengamati cuaca selama 1 minggu, setiap hari peserta didik harus menggambil gambar yang sudaah disiapkan sesuai dengan keadaan cuacanya.
Kegiatan yang dilakukan seorang guru harus menghubungkan semua peserta didik agar semua peserta didik dapat mengerti dan paham dan guru juga harus membentuk kegiatan yang membangun potensi anak didik agar anak didik mampu memahaminya dengan baik dan kegiatan yang dilakukan guru pada saat guru melakukan penyatauan beberapa bentuk kegiatan yang dimiliki seorang guru misalnya:
Ø  Guru mengadakan kegiatan gotong royang didilingkungan sekolah, dengan diadakannya kegiatan gotong royong ini siswa mampu mampu membersihkan lingkungan sekitar dengan baik baik dan siswa juga harus mampu menjaga lingkungannya dengan baik.
Ø  Bentuk kegiatan belajar mengajar diluar sekolah, agar siswa bisa mengenal lingkungan luar.
Ø  Bentuk kegiatan yang bisa meningkatkan siswa agar siswa bisa mengenali dirinya sendiri, menghormati orang yang lebih tua, disiplin dengan baik agar siswa mampu berkembang dengan baik.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar