Minggu, 03 Januari 2016

laporan hasil diskusi psikologi pendidikan



LAPORAN HASIL DISKUSI WhatsApp
KELOMPOK 11
Icih sopiyati
Marwati
Wisnu frediansyah
Pertanyaan dari kelompok 2
1.            Menurut anda sebagai calon guru, manakah yang lebih penting antar mengoptimalkan kecerdasan EQ atau SQ pada peserta didik?

Jawaban:
 menurut kelompok kami yang paling penting itu SQ karena SQ itu harus ditanamkan sejak anak masih kecil, SQ dapat membentuk karakter dan akhlak anak tersebut menjadi lebih baik dan jika anak tersebut memiliki SQ yang baik maka EQ nya pun akan mengikutinya dengan baik.
Pertanyaan dari kelompok 10
2.            Terkadang anak sulit untuk mengontrol emosinya, bagaimana cara orang tua mengatasi rengekan si anak, sedangkan peran orang tua sangatlah penting dalam mengontrol atau mengendalikan emosi atau rengekan si anak?

Jawaban:
Sebaiknya orang tua tidak selalu memanjakan anak karena jika anak selalu dimanjakan anak akan mempunyai mental yang lemah. Dalam mengatasi rengekan si anak misalnya anak itu jatuh kemudian menangis. Orang tua seharusnya membiarkan anak nya untuk bangun sendiri tidak memanjakannya sehingga anak tersebut mempunyai mental yang kuat sehingga dapat mengontrol emosinya.
Pertanyaan dari kelompok 7
Bagaimana kita sebagai guru menghadapi penyesuaian atau adaptasi siswa yang merupakan masa peralian dari taman kanak-kanak ke masa sekolah dasar?
Jawaban:
Yang kita ketahui anak-anak usia TK masih bersifat egosentris, dalam menghadapi itu alangkah baiknya kalau guru mengenalkan anak itu dengan lingkungan yang lain seperti: mengenalkan dengan teman-teman yang barunya dan memberi penjelasan tentang lingkungan barunya yaitu SD tidak seperti diTK seperti jam masuk dan peraturan yang ada disekolah dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar