Minggu, 03 Januari 2016

definisi mimpi

Ketika kita tidur kadang selalu bermimpi mau itu mimpi yang indah atau mimpi buruk. Kita selalu bertanya-tanya kenapa ketika kita tidur selalu ada "mimpi"? Kenapa mimpi itu bisa terjadi? Dan kada karena "mimpi" kita seakan menjadi Paranoid ? . Diblog ini saya akan mencoba mengupas arti dari "mimpi" itu apa? Bagaimana proses "mimpi" itu terjadi ? Dan apa penjelasan menurut para ahli tentang "mimpi" itu sendiri ?.

Menurut WIKIPEDIA pengertian "Mimpi" adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).
Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi.

Sedangkan definisi "mimpi" menurut kamus Bahasa Indonesia adalah 1 sesuatu yg terlihat atau dialami dl tidur; 2 ki angan-angan; 
ber·mim·pi v 1 melihat (mengalami) sesuatu dl mimpi: semalam ia - dikejar harimau; 2 berkhayal; berangan yg bukan-bukan;
me·mim·pi·kan v 1 bermimpi akan sesuatu: ia - dirinya bisa terbang; 2 ki mencita-citakan (sesuatu yg susah atau tidak mungkin dicapai): walaupun pendidikannya rendah ia selalu - jabatan yg tinggi; ter·mim·pi-mim·pi v 1 selalu tampak (terbayang) dl angan-angan; 2 bermimpi krn selalu teringat (terkenang) akan sesuatu: begitu terkenangnya ia kpd ibunya sampai ia -; mim·pi·an n 1 apa yg dialami dl mimpi; impian 2 ki cita-cita (keinginan) yg mustahil atau susah dicapai;
pe·mim·pi n 1 orang yg suka bermimpi meskipun tidak tidur; 2 ki orang yg suka mengkhayal: lotere dianggap sbg jalan pintas bagi - untuk cepat kaya.

Selain dari Wikipedia dan kamus Bahasa Indonesia saya juga mencoba mencari arti "mimpi" menurut para ahli dan teori - teori yang mencoba menjelaskan arti "mimpi" itu apa .
Menurut tokoh psikologi klinis Sigmund Freud Mimpi adalah penghubung antara kondisi sadar dan tidak sadar.Mimpi bisa dikatakan sebagai kunci ketidaksadaran kita,mimpi melambangkan hasrat ketidaksadaran kita.mimpi merupakan penggambaran dari hal-hal yang tidak bisa dilakukan di kehidupan sebenarnya,dan mimpi juga bisa menjelaskan pemecahan masalah .ada dua teori terkenal yang mencoba menjelaskan tentang mimpi yaiitu teori kognitif dan teori aktivasi-sintesis
Teori kognitif mimpi (cognitive theory of dreaming )
menurut teori ini bermimpi melibatkan pengolahan informasi,ingatan dan pemecahan masalah.dalam teori kognitif mimpi,terdapat sdikit atau tidak ada pencarian untuk kandungan tersembunyi dan simbolik dari mimpi seperti yang dicari freud (Foulkes,1993,1999)
menurut teori ini mimpi mungkin merupakan suatu alam tempat kita dapat memecahkan masalah dan berfikir kreatif dalam menghasilkan ide-ide baru.namun terdapat kritik pada teori ini yaitu teori kognitif mimpi terpusat pada keraguan tentang kemampuan untuk menyelesaikan masalah ketika kita tidur dan kurang nya perhatian terhadap peran struktur otak dan aktivitas dalam mimpi.
Teori aktivasi-sintesis (activation-synthesis theory)
Menurut teori ini mimpi terjadi ketika Korteks serebrum mensintesiskan sinyal-sinyal saraf yang dihasilkan oleh aktivitas di bagian otak yang ebih rendah.menurut sudut pandang ini,mimpi merefleksikan usaha otak untuk memahami aktivitas saraf yang terjadi saat tidur (Hobson,1999)   menurut teori aktivasi-sintesis pengalaman sadar dikendalika rangsangan yang dihasilkan secara internal yang tidak memiliki konsekuensi yang jelas.  
Pengertian Mimpi Menurut Para Ahli Tabir "Mimpi" adalah : Menurut ahli-ahli ta’bir, mimpi ada tiga macam:
a) Peristiwa yang menggembirakan yang benar yang terjadi setelah bermimpi, dan ini tidak memerlukan penafsiran.
b)  Mimpi yang batil atau permainan syaitan, yaitu mimpi yang tidak dapat diperincikan oleh orang yang bermimpi. Ertinya orang yang bermimpi itu tidak sanggup mengingat tertib atau jalan cerita mimpi itu. Mimpi seperti ini dianggap batil dan tidak mempunyai sebarang makna atau takwil.
 Keinginan nafsu. Seperti kita ketahui nafsu ada tiga, yaitu nafsu mutmainnah, nafsu lawwamah dan nafsu ammarah. Mimpi seperti ini terjadi kerana pengaruh fikiran seseorang. Sesuatu yang dia lakukan atau dia khayalkan siang hari atau menjelang tidurnya selalumenjelma ketika tidurnya.
Itulah sedikit pengertian tentang "mimpi" yang saya temukan. Semoga bermanfaat. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar