Minggu, 03 Januari 2016

hasil observasi IPS



PROFIL SEKOLAH
IDENTITAS SEKOLAH

Nama Sekolah                         : SDN LABUAN 03
NIS                                         : 100060                                  NSS     :10.10.10.206007
Alamat                                                : Jln. Jenderal Sudiirman. No.97
Desa                                        : Labuan
Kecamatan                              : Labuan
Kabupaten/Kota                      : Pandeglang
Provinsi                                   : Banten
Kode Pos                                : 42264
Telepon/Fax                            : (0253) 880980
E-mail                                      : SD3@yahoo.co.id
Website                                   : www.Sdlabuan3.com
Tahun Berdiri                          : 1952
Status Sekolah                        : Negeri
Nilai Akreditasi                       : B
Luas Tanah                              : 2781 M³
Status tanah                            : Milik pemerintah
Status bangunan                      : Milik pemerintah






KELAS/ROMBEL & KEADAAN SISWA
Kelas
Jumlah kelas/rombel
Kelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
Kelas I
3 kelas/ 3 rombel
1
5 siswa
47 siswa
82 siswa
Kelas II
3 kelas/ 3 rombel
2
7 siswa
39 siswa
86 siswa
Kelas III
3 kelas/ 3 rombel
3
1 siswa
35 siswa
76 siswa
Kelas IV
3 kelas/ 3 rombel
4
4 siswa
47 siswa
91 siswa
Kelas V
3 kelas/ 3 rombel
5
7 siswa
50 siswa
97 siswa
Kelas VI
3 kelas/ 3 rombel
6
8 siswa
47 siswa
95 siswa
Jumlah
18 kelas/ 18 rombel

32 siswa
265 siswa
527 siswa


















HASIL OBSERVASI
Pada hari senin tanggal 16 november 2015 tepatnya pukul 09.00 WIB kita melakukan observasi di daerah Labuan tepatnya di SDN Labuan 03. Setelah tiba disekolah tersebut kami langsung menuju ruang guru/kantor. Tujuan kita adalah untuk mengamati proses pembelajaran IPS kelas rendah lalu tidak menunggu lama, kami langsung bertanya pada salah satu guru IPS kelas III A.
HASIL WAWANCARA (IBU ENENG)
1.      Ibu mengajar dikelas berapa?
Jawaban: Dikelas 3A
2.      Sudah berapa lama ibu mengajar disekolah ini?
Jawaban: Sudah  9 tahun.
3.      Ibu tinggal dimana?
Jawaban: Kp. Karabohong Ds. Kalang anyar Kec. Labuan Banten.
4.      Berapa usia ibu?
Jawaban: 40 tahun
5.      Bagaimana cara ibu mengajar IPS?
Dengan cara tergantung tema
6.      Media apa yang digunakan ibu untuk pembelajaran IPS sendiri?
Jawaban: Banyak, sesuai tema yang dipelajarin oleh siswa. Ada media jigsaw, karton dan lain-lain.
7.      Selain itu apakah disini menggunakan proyektor/infocus?
Jawaban: infocus ada, sudah beli, tapi rusak, jadi tidak pernah menggunakan infocus. Hanya menggunakan sumber dari buku saja.
8.      Lalu jika mengajar ada praktek/terjun langsung tidak ke tempat kejadian?
Jawaban: iya pasti ada, tergantung tema. Misalnya tentang pasar, dulu pernah anak diajak langsung ke pasar, untuk melihat keadaan langsung dipasar. Selain pasar ada pelajaran tentang peta, siswa langsung praktek dilapangan bertujuan untuk dapat langsung mengetahui arah mata angina, selain itu masih banyak juga praktek yang dilakukan tertangtung mata pelajaran.
9.      Model apa yang digunakan dipembelajaran IPS?
Jawaban: Tergantung pelajaran, misalnya inquiriy social dan sebagainya.
10.  Metode apa yang sekiranya dipakai dikelas?
Jawaban: Tergantung pelajaran, banyak jenisnya, ada ceramah, demonstrasi, dan lain sebagainya.
11.  Jika karakter siswa berbeda-beda metode apa yang digunakan?
Jawaban: Metode yang digunakan sesuai kemampuan siswa mampu mengerti dan memahami pelajaran.
12.  Sumber apa yang dipakai atau digunakan pelajaran IPS?
Jawaban: Hanya dari buku sumber saja.
13.  Kurikulum apa yang dipakai disekolah ini?
Jawaban: Masih yang lama yaitu KTSP.
14.  Apakah ibu menggunakan RPP untuk pembelajaran IPS?
Jawaban: Iya menggunakan, tapi dari internet, kalian bisa cari sendiri diinternet.
15.  Lalu evaluasi jenis apa yang digunakan untuk pelajaran IPS sendiri?
Jawaban: Soal-soal biasa saja.
16.  Apakah pemberian soal ditiap-tiap siswa dibedakan atau disamakan?
Jawaban: Tidak, ibu memberikan soal tergantung tingkat kecerdasan siswa. Misalnya kalau ada siswa yang kurang pintar diberi soal yang mudah. Sedangkan siswa yang pintar diberikan soal yang susah.
17.  Jumlah guru PNS dan honorer disekolah ini ada berapa?
Jawaban: Guru yang sudah PNS sendiri ada 10 dan honorer 15.






HASIL WAWANCARA SISWA KELAS 3A

Setelah kami mengamati dan mewawancara guru IPS kelas 3A, kemudian kami masuk kekelas untuk mengamati/mewawancara siswa kelas 3A. Kenyataan yang terjadi dikelas sangat bertolak belakang dengan hasil wawancara kami dengan guru IPS kelas 3A. Kami mengajukan beberapa pertanyaan terhadap siswa/i dikelas mengenai apa yang kami amati, tentang media, praktek, sumber pelajaran IPS. Hasilnya, jawaban siswa dan guru sangat berbeda. Guru mengatakan bahwa mereka menggunakan media dan alat peraga, dan juga melakukan praktek/terjun langsung ke lapangan mengenai mata pelajaran yang bersangkutan. Lalu kami bertanya kepada siswa/i yaitu Anishul Fuad dan Iya Putri apakah guru jika belajar ips menggunakan media atau tidak. “Dek guru IPS kamu kalau belajar suka bawa media tidak?” Jawab “Tidak”. “Alat peraga?” “tidak” ujar siswa. “kalian pernah diajak keluar atau kelapangan tidak?”. “tidak pernah” ujar siswa.
Seperti itulah hal yang kami pertanyakan kepada siswa/I dikelas. Yang tak lama kemudian guru IPS kelas tersebut datang dan melarang kami untuk masuk kedalam kelaas tersebut tanpa seizing kepalaa sekolah. Setelah itu kami izin untuk meminta dokumentasi data guru dan profil sekolah. Lalu kami meminta izin untuk mengamati lingkungan sekolah dan mendokumentasikannya.

Demikian pembahasan hasil observasi mengenai pembelajaran IPS SD kelas Rendah, tepatnya dikelas 3A.
       


LAMPIRAN
·         Dokumentasi Profil sekolah



















Dokumentasi wawancara guru dan siswa/i












Tidak ada komentar:

Posting Komentar