PROFIL
SEKOLAH
IDENTITAS
SEKOLAH
Nama Sekolah : SDN LABUAN 03
NIS :
100060 NSS :10.10.10.206007
Alamat :
Jln. Jenderal Sudiirman. No.97
Desa : Labuan
Kecamatan : Labuan
Kabupaten/Kota : Pandeglang
Provinsi : Banten
Kode Pos : 42264
Telepon/Fax : (0253) 880980
E-mail : SD3@yahoo.co.id
Website : www.Sdlabuan3.com
Tahun Berdiri : 1952
Status Sekolah : Negeri
Nilai Akreditasi : B
Luas Tanah : 2781 M³
Status tanah : Milik pemerintah
Status bangunan : Milik pemerintah
KELAS/ROMBEL
& KEADAAN SISWA
Kelas
|
Jumlah
kelas/rombel
|
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
Kelas
I
|
3
kelas/ 3 rombel
|
1
|
5
siswa
|
47
siswa
|
82
siswa
|
Kelas
II
|
3
kelas/ 3 rombel
|
2
|
7
siswa
|
39
siswa
|
86
siswa
|
Kelas
III
|
3
kelas/ 3 rombel
|
3
|
1
siswa
|
35
siswa
|
76
siswa
|
Kelas
IV
|
3
kelas/ 3 rombel
|
4
|
4
siswa
|
47
siswa
|
91
siswa
|
Kelas
V
|
3
kelas/ 3 rombel
|
5
|
7
siswa
|
50
siswa
|
97
siswa
|
Kelas
VI
|
3
kelas/ 3 rombel
|
6
|
8
siswa
|
47
siswa
|
95
siswa
|
Jumlah
|
18
kelas/ 18 rombel
|
|
32
siswa
|
265
siswa
|
527
siswa
|
HASIL
OBSERVASI
Pada
hari senin tanggal 16 november 2015 tepatnya pukul 09.00 WIB kita melakukan
observasi di daerah Labuan tepatnya di SDN Labuan 03. Setelah tiba disekolah tersebut
kami langsung menuju ruang guru/kantor. Tujuan kita adalah untuk mengamati
proses pembelajaran IPS kelas
rendah lalu tidak menunggu lama, kami langsung bertanya pada salah satu guru IPS kelas III A.
HASIL WAWANCARA (IBU
ENENG)
1.
Ibu mengajar dikelas berapa?
Jawaban:
Dikelas 3A
2.
Sudah berapa lama ibu mengajar disekolah
ini?
Jawaban:
Sudah 9 tahun.
3.
Ibu tinggal dimana?
Jawaban:
Kp. Karabohong Ds. Kalang anyar Kec. Labuan Banten.
4.
Berapa usia ibu?
Jawaban:
40 tahun
5.
Bagaimana cara ibu mengajar IPS?
Dengan
cara tergantung tema
6.
Media apa yang digunakan ibu untuk
pembelajaran IPS sendiri?
Jawaban:
Banyak, sesuai tema yang dipelajarin oleh siswa. Ada media jigsaw, karton dan
lain-lain.
7.
Selain itu apakah disini menggunakan
proyektor/infocus?
Jawaban:
infocus ada, sudah beli, tapi rusak, jadi tidak pernah menggunakan infocus.
Hanya menggunakan sumber dari buku saja.
8.
Lalu jika mengajar ada praktek/terjun
langsung tidak ke tempat kejadian?
Jawaban:
iya pasti ada, tergantung tema. Misalnya tentang pasar, dulu pernah anak diajak
langsung ke pasar, untuk melihat keadaan langsung dipasar. Selain pasar ada
pelajaran tentang peta, siswa langsung praktek dilapangan bertujuan untuk dapat
langsung mengetahui arah mata angina, selain itu masih banyak juga praktek yang
dilakukan tertangtung mata pelajaran.
9.
Model apa yang digunakan dipembelajaran
IPS?
Jawaban:
Tergantung pelajaran, misalnya inquiriy social dan sebagainya.
10.
Metode apa yang sekiranya dipakai
dikelas?
Jawaban:
Tergantung pelajaran, banyak jenisnya, ada ceramah, demonstrasi, dan lain
sebagainya.
11.
Jika karakter siswa berbeda-beda metode
apa yang digunakan?
Jawaban:
Metode yang digunakan sesuai kemampuan siswa mampu mengerti dan memahami
pelajaran.
12.
Sumber apa yang dipakai atau digunakan
pelajaran IPS?
Jawaban:
Hanya dari buku sumber saja.
13.
Kurikulum apa yang dipakai disekolah
ini?
Jawaban:
Masih yang lama yaitu KTSP.
14.
Apakah ibu menggunakan RPP untuk
pembelajaran IPS?
Jawaban:
Iya menggunakan, tapi dari internet, kalian bisa cari sendiri diinternet.
15.
Lalu evaluasi jenis apa yang digunakan
untuk pelajaran IPS sendiri?
Jawaban:
Soal-soal biasa saja.
16.
Apakah pemberian soal ditiap-tiap siswa
dibedakan atau disamakan?
Jawaban:
Tidak, ibu memberikan soal tergantung tingkat kecerdasan siswa. Misalnya kalau
ada siswa yang kurang pintar diberi soal yang mudah. Sedangkan siswa yang
pintar diberikan soal yang susah.
17.
Jumlah guru PNS dan honorer disekolah
ini ada berapa?
Jawaban:
Guru yang sudah PNS sendiri ada 10 dan honorer 15.
HASIL WAWANCARA SISWA
KELAS 3A
Setelah
kami mengamati dan mewawancara guru IPS kelas 3A, kemudian kami masuk kekelas
untuk mengamati/mewawancara siswa kelas 3A. Kenyataan yang terjadi dikelas
sangat bertolak belakang dengan hasil wawancara kami dengan guru IPS kelas 3A.
Kami mengajukan beberapa pertanyaan terhadap siswa/i dikelas mengenai apa yang
kami amati, tentang media, praktek, sumber pelajaran IPS. Hasilnya, jawaban
siswa dan guru sangat berbeda. Guru mengatakan bahwa mereka menggunakan media
dan alat peraga, dan juga melakukan praktek/terjun langsung ke lapangan
mengenai mata pelajaran yang bersangkutan. Lalu kami bertanya kepada siswa/i
yaitu Anishul Fuad dan Iya Putri apakah guru jika belajar ips menggunakan media
atau tidak. “Dek guru IPS kamu kalau belajar suka bawa media tidak?” Jawab “Tidak”.
“Alat peraga?” “tidak” ujar siswa. “kalian pernah diajak keluar atau kelapangan
tidak?”. “tidak pernah” ujar siswa.
Seperti
itulah hal yang kami pertanyakan kepada siswa/I dikelas. Yang tak lama kemudian
guru IPS kelas tersebut datang dan melarang kami untuk masuk kedalam kelaas
tersebut tanpa seizing kepalaa sekolah. Setelah itu kami izin untuk meminta
dokumentasi data guru dan profil sekolah. Lalu kami meminta izin untuk
mengamati lingkungan sekolah dan mendokumentasikannya.
Demikian
pembahasan hasil observasi mengenai pembelajaran IPS SD kelas Rendah, tepatnya
dikelas 3A.
LAMPIRAN
·
Dokumentasi Profil sekolah
Dokumentasi
wawancara guru dan siswa/i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar